News &
Updates

News Image

Share

Program Gerakan Literasi Sekolah
30 Agustus 2023

Pengembangan literasi bagi anak usia dini merupakan upaya untuk mengoptimalisasi pengembangan kecerdasannya dan kompetensi diri, seperti kemampuan berpikir kritis dan analitis. Untuk mengembangkan banyak aktivitas literasi tersebut maka kakak SD membuat proyek membuat buku literasi yang merupakan karya mereka sendiri. Kegiatan ini merupakan kerjasama antar unit TK dan SD dimana kakak SD menceritakan buku literasi hasil karya mereka dari membuat ide, menulis narasi, membuat gambar. 

Proyek membuat buku literasi ini merupakan ide yang sangat bagus untuk mendorong minat mereka dalam membaca, menulis dan berkreasi. Kegiatan literasi untuk kakak SD sangat penting dalam membantu mereka dalam  mengembangkan keterampilan membaca, menulis dan berbicara dengan adik TK dengan baik. Tujuan dari kegiatan literasi ini adalah untuk membuat belajar menjadi menyenangkan dan membantu anak – anak mengembangkan keterampilan bahasa mereka.

Kegiatan ini dimulai dengan perkenalan dilanjut dengan menceritakan buku cerita yang mereka ciptakan. Lalu mereka membawakan cerita secara berkelompok, dengan setiap siswa menjelaskan bagian cerita yang telah mereka tulis. Anak – anak TK sangat antusias mendengarkan cerita yang dihadirkan oleh kakak – kakak mereka. Para kakak kelas tidak hanya membacakan cerita, tetapi mereka juga memberikan apresiasi sebagai reward karena anak – anak TK menjawab pertanyaan dari kakak SD.

Kegiatan literasi semacam ini memberikan bukti nyata bahwa interaksi antara anak – anak dari tingkat pendidikan yang berbeda dapat memiliki dampak yang positif. Melalui cerita buku yang dibuat oleh kakak kelas SD, anak – anak TK tidak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga inspirasi untuk terlibat dalam dunia literasi.