News &
Updates

News Image

Share

Menjadi Lebih Baik, Berkembang dan Berbuah
31 Oktober 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, Sejak Senin tanggal 23 sampai dengan 29 Oktober 2023 Yayasan Paratha Bhakti menyelenggarakan Retret bagi para tenaga pendidik dan kependidikan yang bertempat di aula rumah retret Bintang Kejora.

Tema retret kali ini “Menjadi Lebih Baik, Berkembang dan Berbuah”  dibimbing oleh Romo Sigit Pawanta H, SVD terdengar sangat mendalam. Tujuan yang menekankan pada refleksi, peningkatan diri dan pemahaman mendalam terhadap cinta kasih Tuhan merupakan hal yang sangat bermakna dalam retret. 

Kegiatan retret ini diawali dengan misa pembukaan. Proses refleksi mengenai nilai-nilai yang dimiliki saat ini, serta nilai-nilai yang akan ditingkatkan  dimasa yang akan datang, akan sangat membantu peserta- baik tenaga pendidik maupun kependidikan untuk memperkuat dan mengembangkan peran mereka dengan lebih baik. Proses refleksi tersebut dapat menjadi landasan kuat bagi pertumbuhan pribadi dan professional tenaga pendidik dan kependidikan. 

Dalam diskusi kelompok mengenai buah-buah yang harus dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari serta hambatan yang menghalangi memungkinkan para peserta untuk berbagi pemikiran, pengalaman dan pandangan mereka mengenai pencapaian yang diinginkan dan hambatan yang mungkin dihadapi dalam upaya menghasilkan buah secara berkelanjutan. Proses ini dapat membuka wawasan baru, memperluas pandangan dan memberikan solusi yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Proses kolaborasi semacam ini memberikan pemahaman yang lebih dalam dan solusi yang lebih kreatif. 

Pada akhirnya nilai-nilai yang harus dihidupi sebagai tenaga pendidik dan kependidikan adalah Integritas, Kontribusi dan Pelayanan. Integritas, Kontribusi dan Pelayanan merupakan nilai-nilai yang sangat penting, terutama dalam konteks Pendidikan. Integritas membangun dasar kepercayaan, Kontribusi memperkuat peran aktif dalam menciptakan perubahan positif, dan Pelayanan menekankan pentingnya memberikan yang terbaik bagi peserta didik dan lingkungan pendidikan secara keseluruhan. Menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan dampak yang positif dan kedepannya nilai-nilai ini menjadi landasan bagi tindakan nyata yang memperkaya dunia pendidikan.   

Semoga retret kali ini membawa banyak berkat dan pemahaman yang mendalam bagi semua peserta retret. 

Penulis : Monica Ervien D S, Guru TK Santa Maria Sidoarjo.