News &
Updates

News Image

Share

Mengenal pupuk takakura bersama Kakak SMP Santa Maria Sidoarjo
10 Oktober 2023

Sidoarjo, Kampus Santa Maria – Ursulin. Selasa, 10 Oktober 2023 SMP Santa Maria Sidoarjo, mempunyai agenda bersama adik – adik TK yaitu membuat pupuk takakura. Metode Takakura ini metode pengolahan sampah yang mengandalkan fermentasi untuk mengurai sampah, sehingga sampahnya tidak berbau.

Adik – adik TK sudah membawa kulit buah lunak dan sisa sayuran mentah dari rumah kemudian di kumpulkan menjadi satu dan di potong kecil – kecil. Mereka di bagi dalam kelompok berdasarkan kelas dan Kakak SMP menjadi tutor didalamnya. Setelah memotong, kemudian baskom / wadah yang sudah disiapkan kemudian diisi dengan pupuk kompos, lalu potongan kulit buah dan sayur dicampur dan diaduk sampai rata. Adik – adik TK mempunyai kesempatan untuk mamasukkan potongan kulit buah dan sayur dan juga mereka mengaduk agar tercampur rata. 

Setelah diaduk, adik – adik TK juga langsung diajak untuk memanfaatkan pupuk takakura ini, pupuk yang sudah diaduk kemudian diambil dan dimasukkan ke pot bunga, ini bisa menjadi pupuk untuk tanaman. Namun untuk pembuatan pupuk takakura sendiri membutuhkan waktu 1 bulan untuk di fermentasi. Jadi kita tunggu saja bagaimana hasilnya. Hasilnya akan digunakan untuk pupuk penyubur tanaman.

Penulis : Yohana Naikofi