News &
Updates

News Image

Share

Mengawali Hari dengan Ketenangan
4 Oktober 2023

Sidoarjo - Kampus Santa Maria - Di KB-TK Santa Maria Sidorajo, kami  selalu berupaya menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif, terdapat sebuah kegiatan pembiasaan yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak . Sebelum memulai kegiatan belajar di pagi hari, para peserta didik diajak untuk meluangkan waktu sejenak dalam sebuah kegiatan hening selama 7 menit. Kegiatan ini dirancang untuk membantu anak-anak mendapatkan ketenangan sebelum memulai aktivitas sekolah mereka.

Ketika berbicara tentang pendidikan anak usia dini, penting untuk memahami bahwa perkembangan anak tidak hanya terkait dengan pengetahuan akademis, tetapi juga aspek-aspek emosional dan sosial. Kegiatan hening selama 7 menit ini bertujuan untuk membantu anak-anak mencapai ketenangan pikiran mereka sebelum masuk ke dalam rutinitas belajar yang sering kali penuh dengan rangsangan.

Dalam kondisi dunia yang serba cepat dan penuh dengan distraksi, anak-anak kita sering kali terlalu tergesa-gesa. Mereka mungkin belum memiliki keterampilan untuk merespons dengan baik terhadap stres atau tekanan yang mungkin mereka hadapi. Kegiatan hening ini adalah cara untuk memberikan mereka kesempatan untuk merasa tenang dan mengumpulkan diri sebelum masuk ke dalam lingkungan belajar yang penuh dengan kegiatan.

Setiap pagi, setelah bel berbunyi, anak – anak akan bergegas untuk cuci tangan, kemudian mereka akan berkumpul di pendopo dan  dipersilakan untuk duduk sesuai kelas masing-masing. Guru akan memandu mereka untuk duduk dengan tenang dan menutup mata. Selama 7 menit berikutnya, anak-anak diminta untuk fokus mendengarkan alunan musik syahdu yang mengalun. 


Hal Ini membantu menciptakan atmosfer yang santai dan mendukung proses relaksasi. Selama waktu ini, anak-anak diberikan kebebasan untuk memikirkan apa pun yang mereka inginkan, atau mereka dapat mengikuti panduan guru mereka dalam meditasi sederhana.

Kegiatan hening ini dapat memberikan berbagai manfaat  bagi anak-anak di KB-TK Santa Maria Sidorajo. Dalam percakapannya. Maria Dhian Sithoresmi selaku kepala satuan pendidikan di KB - TK menggali perasaan dan pengalaman anak - anak setelah melakukan kegiatan hening dengan memberikan pertanyaan " Bagaimana perasaan anak anak pada saat melakukan saat hening? dan apa manfaat saat hening ini?" Elana dari kelas B1 menjawab" perasaan saya tenang Bu". "Manfaat saat hening ini, supaya lebih fokus, kontrol dan sabar " demikian menurut Aro, Abigail dan Jojo dari kelas B.           
Semoga kegiatan ini dapat menjadi habitus baru yang bermanfaat bagi tubuh,jiwa dan pikiran anak - anak yang dapat menjadi bekal bagi mereka di masa depan.