News &
Updates

News Image

Share

Masak Seru, Gizi Seimbang
18 Oktober 2024

Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober, KB – TK Santa Maria Sidoarjo memperingati dengan mengadakan cooking class. Dengan mengajak peserta didik untuk mengenal bahan makanan hasil bumi yaitu polo pendem yang sehat dan berkualitas. Di sini kami mengajak orang tua peserta didik sebagai narasumber dan mengajak peserta didik untuk mengenal, mengolah dan menikmati hasil olahannya. 

            Dengan kegiatan ini, kami mengajak peserta didik dan orang tua untuk mengolah bahan makanan bersama, tidak hanya mempererat ikatan keluarga tetapi juga mengajarkan nilai – nilai penting tentang makanan sehat dan keberagaman kuliner. Ini juga menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan konsep pemanfaatan bahan makanan yang berkelanjutan. 

            Cooking class kali ini menggunakan bahan makanan berupa ubi jalar dan singkong yang merupakan hasil kebun sekolah. Polo pendem merupakan makanan tradisional yang kurang dikenal oleh generasi sekarang. Ini juga dapat memicu minat peserta didik untuk mencoba dan menghargai berbagai jenis makanan. Dengan mengajak peserta didik mengolah sendiri dari bahan tersebut, peserta didik bisa belajar tentang kekayaan kuliner lokal serta pentingnya melestarikan makanan tradisional.

            Setiap kelas mengolah bahan makanan dengan menu yang berbeda – beda. Dari bahan singkong dan  ubi jalar diolah menjadi ubi krispi, bola – bola ubi, my flower. Semua peserta didik menikmati olahan mereka, karena mereka membuat sendiri dan memasak lalu merasakan hasil olahannya.

            Kegiatan ini dapat mendorong peserta didik untuk lebih menghargai keberagaman makanan dan pentingnya menjaga tradisi kuliner. Dan juga kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan karena mereka dapat merasakan tekstur dan rasa dari ubi jalar dan singkong serta dapat memahami cara mengolahnya untuk menjadi hidangan yang lezat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi semua peserta didik. 

(Caritas-KBTKSda)