News &
Updates

News Image

Share

Lesson Study dan Berbagi Ilmu tentang Biowash dengan Sekolah TK yang ada di Kecamatan Sidoarjo
15 Mei 2023

Jumat 12 Mei 2023 TK Santa Maria II menjadi tempat lesson study bagi kepala sekolah dan guru guru dari Gugus 04 kecamatan Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang guru dari 6 lembaga, yaitu: 

  1. TK ABBA III
  2. TK DWP Sekardangan
  3. TK DWP Gebang
  4. TK DWP Rangkah
  5. TK Tunas Pratiwi
  6. TK Santa Maria II

Kegiatan inti dari lesson study tersebut untuk sharing knowledge tentang proses pembelajaran model sentra dan pembuatan Biowash.

Kegiatan diawali dengan observasi menyambut teman dan pembiasaan pagi (berdoa, menyanyikan mars Serviam dan senam Pelajar Pancasila).

Kegiatan berikutnya tentang pembuatan Biowash yang menggunakan kulit buah buahan seperti pisang, apel, jeruk atau buah pir, dimana prosesnya kulit buah dipotong kecil kecil lalu dicampurkan dengan air dan larutan promic. Biowash ini akan berproses selama 3 hari dan kemudian manfaatnya dapat digunakan sebagai bahan pupuk cair, obat kumur maupun manfaat lainnya.

Puji Tuhan para guru guru yang mengikuti lesson study terlihat antusias saat ibu Rina, guru kelas TK B Santa Maria II menjelaskan cara membuat Biowash dan anak anak juga terlibat aktif dalam kelompok kelompok kelas.

Saat proses pembelajaran sentra guru guru tersebut terbagi dalam beberapa kelompok, mereka mengikuti proses pembelajaran sentra tersebut. Setelah proses belajar mengajar berakhir para kepala sekolah maupun guru mengikuti proses evaluasi dan pembinaan bersama pengawas dinas pendidikan kecamatan Sidoarjo bapak Didik Rustiawan . Dalam pengarahannya bapak Didik Rustiawan menyambut baik kegiatan di gugus O4 ini karena kegiatan ini dapat menambah ilmu dan pengalaman para guru. Pak Didik juga menyampaikan bahwa Model pembelajaran sentra yang dilaksanakan di KB – TK Santa Maria II ini  merupakan salah satu implementasi dari pelaksanaan  kurikulum merdeka karena pada saat pelaksanaannya, anak – anak  diberikan kebebasan memilih kegiatan main yang mereka sukai, tanpa adanya paksaan dari guru dan setiap sentra hendaknya melaksanakan 3 jenis kegiatan main yang terdiri dari : 

  1. Main peran
  2. Main Pembangunan
  3. Main Sensorimotor

Dalam pertemuan tersebut tidak hanya apresiasi tetapi juga saran agar kedepannya kreativitas maupun cara memgajar guru guru TK Santa Maria II semakin lebih baik. Selain itu pula para guru saling berbagi ilmu tentang bagaimana mendidik anak anak agar tertib aturan, berbahasa yang sopan dan pembentukan karakter sesuai nilai nilai Serviam.

Kegiatan lesson study diakhiri dengan acara ramah tamah penuh rasa keakraban dan kekeluargaan diantara para guru gugus 04. Peserta study lesson juga membawa pulang souvenir biowash yang dapat digunakan di rumah masing – masing.