News &
Updates

News Image

Share

Belajar Seru dan Menyenangkan
30 Mei 2023

Lihat kebunku penuh dengan bunga

Ada yang putih dan ada yang merah

Setiap hari kusiram semua

Mawar melati

Semuanya indah

Syair diatas merupakan syair lagu Ibu Sud yang sangat terkenal sampai dengan saat ini. Lagu tersebut menceritakan tentang bunga – bunga di taman yang sangat indah. 

Rabu, 24/5/2023 sebanyak 91 pesrta didik  KB-TK Santa Maria II mengikuti kegiatan PBL (Project By Learning) bersama di aula pendopo sekolah. Sebagai narasumber pada proyek ini, Maria Dhian tanaman bunga dapat hidup karena sering disiram. Tanaman bunga tersebut dapat menyerap air untuk dapat terus tumbuh. Dalam kegiatan tersebut para peserta didik juga diajak untuk bercakap – cakap dan tanya jawab tentang penyerapan air terhadap tumbuhan. 

Pada kegiatan yang kedua Rina Pusiastuti mengajak para peserta didik melakukan percobaan menggunakan menggunakan 4 bahan yaitu: gelas, air, pewarna dan tissu. Gelas sebagai pot, tissu sebagai tumbuhan, Gelas diberi air dan juga pewarna kuning dan biru kemudian tissu dimasukkan maka air akan naik melalui tissu dan bertemu di tengah menjadi warna yang berbeda dan menetes ke bawah. Para peserta didik terlihat sangat antusias dan penuh rasa ingin tahu, mereka diberi kesempatan untuk memperhatikan proses percobaan tersebut. 

Di kegiatan berikutnya peserta didik diajak untuk melakukan percobaan yang lain dengan bahan kertas, krayon, gunting dan air. Langkah awal peserta didik menggambar bunga. Kemudian diwarnai lalu di gunting dan dilipat, selanjutnya mereka memasukkannya ke dalam air. Mereka melihat perubahan yang terjadi saat kertas bergambar bunga mekar seperti bunga sesungguhnya. Kegiatan ini dilakukan di kelas masing – masing. 

Setelah kegiatan proyek selesai peserta didik diajak untuk recalling, dimana setiap anak diberi kesempatan untuk mengemukakan semua hal yang telah dialami, dipelajari, dirasakan dan di mengerti dari proses percobaan yang telah dilakukan baik percobaan yang pertama maupun yang kedua dengan bahasa yang sederhana.

Penulis : Rina Pujiastuti