News &
Updates

News Image

Share

Eksplorasi Museum TNI
1 Desember 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin Outdoor Learning, atau ODL begitulah istilah kegiatan kali ini yang kami laksanakan Kamis, 30 November 2023 di Rumah Pintar, Juanda.

Kegiatan ini kami lakukan bersama peserta didik  kelompok TK A dan B dengan didampingi oleh guru dan orang tua peserta didik masing-masing kelas di wakili oleh 1 orang yang terlibat sebagai koordinator kelas.

Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk :

  1. Menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.
  2. Mengembangkan kreatifitas peserta didik.
  3. Meningkatkan kedisiplinan.
  4. Menambah pengalaman dan pengetahuan bagi para peserta didik mengenai profesi abdi negara.
  5. Mengenal berbagai macam kendaraan yang digunakan oleh para prajurit TNI - AL

Kami menggunakan 2 bus Kalisari yang mengantar kami sampai ke tempat tujuan pertama yaitu Musium Korps Marinir, di sini peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang macam-macam kendaraan dan melihat secara langsung kendaraan yang digunakan oleh para TNI ketika mereka melakukan tugas yang diberikan untuk menyelamatkan negara.

Kegiatan berikutnya kami  menuju ke Museum Pesawat TNI – AL, di sini anak-anak bisa masuk ke dalam pesawat, duduk di dalam pesawat dan bisa bermain peran sebagai pilot.

mendapatkan pengetahuan alat-alat apa saja yang di pergunakan oleh TNI pada saat bertempur seperti jarring penyelamatan begitu Asroni selaku tim yang bertugas menjelaskan kepada peserta didik, juga melihat berbagai miniatur pesawat , menonton film edukasi tentang bagaimana para TNI pada saat berlatih bertempur serta menggunakan terjun payung dan menonton film kisah penuh inspirasi tentang semut yang berjuang bersama-sama untuk saling menyelamatkan dari bahaya. Selama kegiatan ketika berpindah tempat peserta didik juga di antar dan di jemput oleh Dody salah satu  personal TNI menggunakan bus TNI – Al, setelah semua kegiatan di museum usai, peserta didik di beri kesempatan untuk memberi makan satwa antara lain burung dara, kelinci dan kura-kura. Mengakhiri kegiatan di rumah pintar anak-anak melakukan out bond bersama di Rumah Pintar.

Dengan berjalannya kegiatan hari ini, harapan pendidik kepada peserta didik agar mereka semakin tumbuh rasa nasionalismenya terhadap tanah air dan bersyukur juga bila bertumbuh cita-cita para peserta didik untuk menjadi abdi negara yang mampu melindungi Negara dan bangsanya.

 

Penulis : Trianita Ratna Indahatta