News &
Updates

News Image

Share

Bersama Menjadi Pahlawan Bumi
20 November 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin – Sanmaris, pada hari Sabtu, 18 November 2023, Kampus Santa Maria Sidoarjo mengadakan kegiatan “ Sinau Lan Dolanan Bareng Keluarga” dengan tema Pahlawan Bumi. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan antara peserta didik dan keluarga tetapi juga untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar. 

      Kegiatan pada hari tersebut dimulai dengan jalan sehat, kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga memperkuat hubungan antar peserta didik yang lain. Dilanjutkan dengan kegiatan operasi semut, yang merupakan kegiatan gotong royong bersama untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah dan perumahan Citra Fajar Golf dari sampah plastik. Hal ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, tetapi juga mengajarkan nilai – nilai kebersamaan dan tanggung jawab kepada peserta didik.

     Puncak kegiatan adalah penanaman pohon dan benih biji telang di sekitar kampus. Tema Pahlawan Bumi memberikan makna bahwa setiap individu dapat menjadi pahlawan bagi bumi dengan menjaga dan melestarikan lingkungan. Penanaman pohon bukan hanya simbolis, tetapi juga merupakan tindakan nyata dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

     Penanaman biji telang dilakukan oleh seluruh peserta didik yang mengikuti kegiatan ini. Bunga Telang (Clitoria ternatea), yang juga dikenal sebagai Butterfly Pea karena bentuknya yang menyerupai kupu-kupu, adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang. Kandungan fitokimia yang kaya dalam bunga telang memberikan potensi berbagai manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Salah satu manfaat utama bunga ini adalah kemampuannya sebagai antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. 

     Untuk mengambil manfaat dari bunga telang, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara yang umum adalah dengan menyeduh bunga telang dalam air panas untuk membuat teh. Tehnya memiliki warna biru yang menarik dan dapat dinikmati baik dalam keadaan hangat maupun dingin.

     Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sukses dari segi pelaksanaan, tetapi juga mampu memberikan dampak positif yang besar. Dengan melibatkan peserta didik beserta keluarga, diharapkan kesadaran lingkungan dapat tumbuh dan berkembang tidak hanya di kalangan kampus Santa Maria Sidoarjo, tetapi juga di masyarakat sekitar. Selain itu, diharapkan kegiatan ini menjadi inspirasi bagi institusi Pendidikan lainnya untuk aktif berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan mendidik generasi muda tentang pentingnya menjaga keberlanjutan bumi.