News &
Updates

News Image

Share

Bersama Kakak SMP, Jelajah Kampus dengan Senyuman
27 September 2023

Sidoarjo, Kampus Ursulin Rabu, 27 September 2023 merupakan kali pertama adik-adik KB - TK di tahun ini di ajak oleh kakak-kakak SMP untuk berpetualang dalam menjelajahi lingkungan sekolah. Adik-adik KB dan TK setiap kelas di bagi menjadi dua kelompok, kelompok mandiri bersama kakak SMP dan tanpa pendamping guru serta kelompok yang terdiri dari kakak SMP dan pendamping guru. Setelah terbentuk kelompok, Maria Dhian Sithoresmi S.Pd selaku Kepala Sekolah menyampaikan aturan-aturan dan tata tertib sebelum melaksanakan kegiatan, antara lain mendengarkan kakak SMP, boleh bertanya serta menjaga kesopanan pada saat berkegiatan. Jelajah kampus ini ini di bagi lagi menjadi 2 rute, rute 1 dan rute 2. Melalui rute yang telah ditentukan, mereka akan diajak untuk menjelajahi  lingkungan di sekolah, mengenal kakak-kakak SMP, dan merasakan atmosfer kampus.

Pengenalan pohon-pohon tertentu sebagai titik awal rute yang berbeda adalah ide  untuk memberikan panduan kepada kakak-kakak SMP dan adik-adik KB dan TK. Rute 1 di awali dengan mengenal pohon cemara dan sedikit informasi bagi adik-adiknya. Begitu juga dengan rute ke 2, adik-adik KB dan TK di berikan informasi tentang ciri-ciri dan keunikan pohon ini. Dengan memanfaatkan pohon-pohon sebagai bahan kegiatan kali ini, kakak-kakak SMP dapat membantu adik-adik KB dan TK untuk mengenali dan memahami lebih baik lingkungan sekitar sekolah, sambil membuat perjalanan mereka lebih menarik dan informatif. Melalui jelajah kampus ini adik-adik KB dan TK mengetahui manfaat dari berbagai jenis pohon. Mereka bisa mengetahui manfaat beberapa pohon, antara lain :

  1. Pohon Jarak: manfaatnya untuk meredam suara dan angin
  2. Pohon Pisang: menghasilkan buah yang lezat
  3. Pohon Ketapang:  memiliki batang yang kuat dan dapat digunakan untuk bangunan rumah.
  4. Pohon Kelor:  digunakan untuk masker kecantikan, menggambarkan bagaimana bahan-bahan alami dapat digunakan untuk perawatan tubuh.
  5. Pohon Kayu Putih: dapat digunakan bahan Kesehatan, dan masih banyak lagi pohon yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

Kegiatan jelajah kampus ini membawa dampak positif bagi kampus Santa Maria, adik-adik bersama kakak-kakak akan terjalin kekeluargaan, kebersamaan, tanggungjawab, meningkatkan rasa memiliki, mengalami pembelajaran yang menyenangkan sehingga pengalaman ini bisa menjadi ketertarikan mereka untuk menjadi pelestari lingkungan di masa depan.

Dengan demikian harapan dari menjelajah kampus ini tidak hanya tentang pembelajaran tetapi juga tentang pembentukan karakter dan pengembangan sikap positif terhadap lingkungan kampus. Semoga hasilnya akan membawa manfaat jangka panjang bagi peserta didik kampus tercinta mereka. 

Penulis  : Trianita R.I