News &
Updates

News Image

Share

Bermain Air Melalui Kegiatan Sinau Lan Dolanan Bareng
18 Maret 2024

Sidoarjo, kampus ursulin – Sabtu, (16/03/2024) – Memperingati Hari Air Sedunia  tahun 2024. Kampus Santa Maria Sidoarjo mengadakan kegiatan Sinau lan Dolanan Bareng dengan tema “AIR SUMBER KEHIDUPANKU”. Unit KB dan TK, mengundang anak – anak calon peserta didik yang sudah mendaftar maupun yang belum mendaftar dari mulai usia 2 – 5 tahun. 25 anak – anak bersama para orangtua dengan penuh antusias dan semangat mengikuti berbagai kegiatan  yang telah dirancang sesuai dengan topik  pembelajaran yang menarik seperti kegiatan di sentra bahan alam, sentra balok dan melakukan berbagai macam percobaan sederhana di sentra sains. Kegiatan ini secara langsung mengenalkan anak – anak tentang kegunaan dan manfaat Air bagi kehiduapan kita sehari- hari. 

Kegiatan yang mereka lakukan, di Sentra balok anak – anak  membuat bentuk  kolam ikan, kolam renang dan pantai. Anak – anak akan memilih sendiri  apa yang akan dibuat. Di sentra sains anak -anak membuat percobaan bubble torpedo, talc  detergen, oral motor exercise dan dancing seeds sedangkan disentra bahan alam anak – anak diajak mengocok sabun, mengecat, menuang air, percampuran warna, melakukan percobaan dan mengamati benda mengapung dan tenggelam.

 

Setelah  selesai melakukan, kegiatan, anak – anak diberi waktu untuk mencuci tangan, berdoa bersama dan makan bekal yang dibawa dari rumah.  Pada saat istirahat bersama di pendopo, juga dilakukan sesi tanya jawab serta penyampaian pesan dan kesan dari Orangtua untuk kegiatan hari ini.” kegiatan ini sangat menarik untuk anak -anak,permainannya lengkap dan seru” demikian kesan dari salah satu orangtua yang hadir.

Dengan terlaksananya kegiatan Sinau Lan Dolanan Bareng dengan tema “ AIR SUMBER KEHIDUPANKU,diharapkan dapat memberikan edukasi pada anak - anak tentang pentingnya manfaat Air bagi kehidupan sehari – hari. Selain itu, dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang melibatkan seluruh indera serta anggota tubuh seperti yang mereka lakukan dalam kegiatan Dolanan Bareng, dapat mendorong proses tumbuh kembang setiap kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anak – anak usia dini. 

Penulis : Maria Paulina Somi Goran